Tata Ruang Kamar Tidur menurut Feng Shui

Kali ini Suhu Ahok mencoba membantu memberikan tips feng shui yang sederhana dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya inti dari Feng Shui sebenarnya adalah keharmonisan antara Yin dan Yang. Maka dari itu Suhu Ahok mencoba memberikan gambaran Tata Ruang Kamar menurut Feng Shui.

Kenapa kamar perlu feng shui ? Ya, salah satu ruangan dimana kita menghabiskan waktu paling lama dalam sebuah rumah adalah kamar tidur. Jadi aliran energi (Qi) dalam sebuah kamar sangat mempengaruhi energi di tubuh kita. Jadi perlu diperhatikan adalah beberapa tips sederhana sebagai berikut :

Bentuk Ruang Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Kamar tidur sebagai ruang utama untuk beristirahat sebaiknya tidak berbentuk L atau banyak partisi yang menghalangi, karena putaran energi akan terhambat, paling baik cukup sederhana berbentuk persegi misalnya ukuran 3m x 3m atau 4m x 3m karena putaran Qi dalam kamar tersebut bisa menyeluruh dan tidak tertumpuk dalam satu tempat (bentuk L).

letak posisi kamar feng shui

Hindari posisi jendela yang langsung mengarah ke pintu masuk karena Qi yang dibawa dari alam tidak akan berdiam lama di kamar karena saat pintu kamar dibuka maka Qi tersebut juga langsung keluar.

Sinar matahari sebagai sumber energi Yang yang utama harus mampu masuk ke dalam kamar karena hawa Yin dalam kamar yang berlebihan bisa berpadu, bukankah adanya sinar matahari yang masuk ke kamar juga membuat rasa tentram ?

Hindari bentuk ruang kamar tidur yang ada balok rumah terlihat apalagi posisi balok rumah berada tepat diatas kasur terutama di atas posisi kepala saat tidur, hal tersebut bisa menyebabkan beban berat yang berlebihan dalam Qi tubuh kita sehingga konsentrasi sehabis istirahat akan berkurang jauh.

Posisi Ranjang menurut Feng Shui

Ranjang adalah tempat utama di dalam sebuah kamar tidur, karena disanalah terpusat aktivitas utama manusia yaitu bersantai, tidur dan berhubungan intim. Posisi ranjang yang salah bisa menyebabkan tidur yang kurang nyenyak atau setelah bangun kita akan merasa lelah.

Jadi bagaimana posisi ranjang kasur yang benar, cara paling sederhana adalah jangan pernah posisi tidur kita telentang menghadap pintu atau segaris dengan pintu kamar.

Posisi kasur juga dilarang membelakangi jendela karena jendela wajib dibuka dalam sehari terutama siang hari dan cahaya matahari harus bisa masuk ke dalam kamar tidur karena dari sana Qi bisa masuk ke kamar dan berbaur sehingga tercipta harmonis dalam kamar.

Posisi Perabot Kamar menurut Feng Shui

Hindari cermin yang mengarah langsung ke tempat tidur, cermin membawa energi Yin jadi saat malam tiba, energi Yin akan meningkat sehingga mampu menyerap energi Yang yang ada dalam tubuh kita membuat kita bangun pagi akan tetap terasa kurang bugar.

Perabot lemari baju atau meja rias jangan ada sudut persegi (sudut mati) yang mengarah ke tempat tidur, cobalah atur bagaimana cara yang baik supaya terhindar dari sudut mati tersebut.

perabot menurut feng shui

Gunakan lima element unsur (Wu Xing) secara berimbang dalam kamar, misalnya tempat tidur dari kayu (unsur kayu), hiasan lampu berbentuk logam (unsur logam), warna kamar coklat muda/warna krem (unsur tanah), langit-langit diberi warna biru muda (unsur air), sarung bantal guling warna pink / merah (unsur api).

Sebelum itu, kenali dulu unsur elemen dalam diri kita, maka kita bisa meracik mana element yang mendukung kita lebih dominan dalam kamar tidur kita, misalnya jika kita unsur api, maka jangan semua kamar dan langit-langit diberi warna biru (unsur air) hal tersebut malah menghancurkan unsur yang ada dalam diri kita. Pahami dulu dengan benar, maka semua bisa diatur supaya bisa terjadi Qi bisa berjalan harmonis dan memperbaiki kualitas hidup kita.

Sederhana bukan ? Silahkan coba dan semoga bermanfaat.

 

Tata Ruang Kamar Tidur menurut Feng Shui was last modified: by

Berbagi itu Indah 🙂

%d bloggers like this: