Tata Ruang Tamu menurut Feng Shui

ruang tamu feng shui

Salah satu yang merupakan jantung dari sebuah rumah adalah ruang tamu, kali ini Suhu Ahok coba memberikan tips sederhana bagaimana Ruang Tamu menurut Feng Shui sehingga Qi positif bisa senantiasa mengalir di dalam rumah dan memberikan harmonis bukan saja kepada penghuninya tetapi kepada tamu yang berkunjung juga.

Bentuk Ruang Tamu menurut Feng Shui

Sama seperti Tata Ruang Kamar menurut Feng Shui, ruang tamu juga harus bentuk persegi dengan sudut 90 derajat. hal ini adalah untuk memperlancar jalannya Qi sehingga menghindari adanya Qi yang terhambat. Ruang tamu adalah tempat dimana tamu, relasi atau keluarga datang berkunjung, jadi Qi yang positif berbaur dengan Qi yang negatif dari alam luar saat masuk ke ruang tamu bisa dalam posisi seimbang sehingga memberikan nuansa yang nyaman bagi yang berkunjung.

Posisi Ruang Tamu menurut Feng Shui

Sebagai jantung bagi sebuah rumah, sangat penting penataan bagaimana tamu berkunjung. Salah satunya adalah mulai dari pintu masuk, dimana jangan pernah ada pintu yang terlihat ke arah belakang rumah atau ruang yang sejajar dengan pintu masuk. Hal ini dilarang karena tamu dengan Qi negatif bisa langsung ke arah ruang belakang rumah padahal energi Qi positif yang ada di ruang tamu diharapkan bisa berbaur sehingga Qi bisa tercipta berimbang dan menghadirkan suasana nyaman.

ruangan tamu sesuai feng shui

Jendela di ruang tamu harus mampu memberikan sinar matahari dan setiap pagi pintu masuk dan jendela wajib dibuka, biarkan energi Yin yang meningkat di malam hari bisa berganti dengan energi Yang, ini bisa mendatangkan rejeki yang baik bagi penghuni rumah.

Saat malam tiba, lampu di ruang tamu mesti dinyalakan walau pun cuma 30 menit, hal tersebut bisa dimaksudkan untuk membuyarkan hawa Yin yang mengumpul di satu tempat.

Posisi Perabot Ruang Tamu menurut Feng Shui

Perabot berperan penting dalam ruang tamu, letakanlah tanaman kecil untuk membelokan Qi yang buruk, pasanglah lukisan pemandangan yang sejuk, lukisan ini berfungsi menentramkan atau lukisan Shio penghuni rumah yang mencerminkan pembawaan karismatik penghuni rumah untuk terlihat berwibawa, hindari lukisan perang, atau pertarungan binatang karena lukisan tersebut bisa membawa perselisihan dalam rumah.

Ciptakan rak kecil di samping dinding untuk memberikan ruang bagi aksesoris hiasan yang mencerminkan Lima Unsur (Wu Xing), misalnya air terjun mini (unsur air), tanaman kecil (unsur kayu) dan sebagainya. Sama seperti tata ruang yang lain, gunakanlah unsur yang dominan yang bisa memberi dukungan dengan Shio penghuni rumah.

Ruang tamu yang tertata rapi dan harmonis pastinya memberikan nilai positif dan rejeki bagi penghuni rumah apalagi jika tamu yang berkunjung juga merasakannya.

Jadi bagaimana ? Tidak ada salahnya mencoba, bukan ? Semoga bermanfaat.

Tata Ruang Tamu menurut Feng Shui was last modified: by

Berbagi itu Indah 🙂