Empat Hewan Simbol Keberuntungan Cina 2

Negara Cina (Tiongkok) terkenal akan budaya yang sudah ribuan tahun dengan segala mitos dan kepercayaannya. Ada hal yang berbau mistis dan ada pula yang dipercaya secara turun temurun membawa keberuntungan.

Melanjutkan artikel sebelumnya Empat hewan yang dipercaya membawa simbol keberuntungan bagi rakyat Tiongkok kuno sebagai berikut :

BURUNG HONG

Burung Hong (Hanzi : 凤凰; Pinyin : Fenghuang; Hokkian : Hong) memiliki jambul yang indah, tubuhnya berwarna-warni. Burung ini merupakan gabungan dari berbagai karakteristik burung. Yang jantan disebut ‘Feng’, sementara yang betina disebut ‘Huang’. Fenghuang di dalam legenda Tiongkok dianggap sebagai raja para burung yang melambangkan keberuntungan dan kedamaian.

burung-hong-feng-shui

Dalam pernikahan tradisional Tiongkok, dekorasi burung Hong (sebutan dialek Hokkian) menjadi hiasan wajib pada pakaian dan hiasan kepala mempelai wanita, serta melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan. Selain itu, dalam tradisi Tiongkok menganggap bahwa Naga dan burung Hong sebagai simbol hubungan/pasangan yang mesra antara suami dan istri, bagaikan konsep yin dan yang.

Dalam desain tradisional, simbol burung Hong juga digunakan secara luas, melambangkan kemakmuran dan kedamaian. Burung Hong juga sering divisualkan/digabung bersama hewan simbol keberuntungan lainnya, seperti ‘burung Hong dan Naga’, atau ‘burung Hong dan Qilin’. Naga, Qilin dan Burung Hong (sering disebut juga ‘burung Phoenix‘) adalah hewan-hewan hasil imajinasi manusia.

KURA-KURA

Kura-kura (Hanzi : 陸龜; pinyin : Lù guī) di dalam 4 hewan yang dipercaya sebagai simbol keberuntungan etnis Tionghoa ini merupakan satu-satunya hewan yang benar-benar ada. Kura-kura juga adalah binatang yang berumur paling panjang. Menurut catatan penelitian, seekor kura-kura dapat bertahan hidup selama 150 tahun! Umur terpanjang diantara segala hewan lain di muka bumi.

ramalan-terbaru-hari-ini

Masyarakat sendiri tidak hanya menganggap kura-kura sebagai lambang kesehatan dan umur panjang, namun kura-kura juga dianggap memiliki kemampuan meramal masa depan. Pada jaman kuno Tiongkok, sebelum menyelenggarakan sebuah acara, ahli-ahli peramal harus membakar tempurung kura-kura; lalu berdasarkan pola di atas tempurung itu melakukan tafsiran peramalan.

Karena hal itulah masyarakat Tionghoa hingga saat ini masih menyebut kura-kura sebagai ”Dewa kura-kura’. Konon kura-kura pernah menerima penghormatan yang sangat besar di dalam sejarah perdinastian Tiongkok. Di dalam istana kekaisaran semuanya memiliki ukiran kura-kura pada potongan batu atau tembaga, sebagai lambang kemakmuran dan kelanggengan suatu Negara.

Baca juga artikel sebelumnya Empat Hewan Simbol Keberuntungan Cina 1