Sejarah Dewa Guan Gong

sejarah-dewa-guan-gong

Ramalan suhu – Guan Gong (Hanzi : 关公, Hokkian : Kwan Kong) atau Guan, yang berarti ‘Paduka Guan’, adalah seorang panglima perang kenamaan yang hidup di zaman San Guo/Sam Kok (tahun 221 – 269 Masehi). Nama aslinya adalah Guan Yu (关羽) atau Guan Yun Chang (关云长). Oleh Kaisar Han, Ia diberi gelar Han Shou Ting Hou (漢夀亭侯) yang berarti ‘Marquis dari Han Shou’.

Guan yu adalah seseorang yang bersosok Ksatria sejati yang di kenal dengan kejujuran nya dan kesetiannya yang menepati janjinya. Oleh sebab itu Guan yu banyak di puja di kalangan masyarakat, seperti di dalam kelenteng maupun di rumah pribadi ,toko, kantor, casino dan markas organisasi mafia sekalipun dimana para angggota perkumpulan yang  biasanya melakukan sumpah setia satu lain di depan patung dewa Guan Gong.

patung-raksasa-dewa-guan-gong-di-cina

China Luncurkan Patung Guan Yu Seberat 1.320 Ton

Di samping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Guan Yu juga dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat dari malapetaka peperangan yang mengerikan. Julukan Dewa Perang sebagai umumnya dikenal dan dialamatkan kepada Guan Yu, harus diartikan sebagai Dewa untuk menghindarkan peperangan dan segala akibatnya yang menyengsarakan rakyat, sesuai dengan watak Guan Yu yang budiman. Guan Yu adalah penduduk asli kabupaten Hedong (sekarang kota Yuncheng), Propinsi Shanxi, Tiongkok. analisa dari  ramalansuhu.com

patung-dewa-guan-gong-raksasa-di-cina

Patung Guan Yu yang eksis di tiga periode kerajaan China ini berdiri di atas tanah seluas 8000 m2

Sejarah Dewa Guan Gong was last modified: by

Berbagi itu Indah 🙂