Makna Ying Yang dalam Taoisme

arti-yin-yang

Ying Yang adalah sebuah simbol keharmonisan, sebuah lambang yang mempunyai makna yang sangat dalam. Asal mula Ying Yang dalam ajaran Tao adalah dari kitab I Ching, konsep Ying Yang kemudian digunakan oleh Lao Zi seseorang yang konon adalah immortal karena sudah sangat memahami ajaran Taoisme.

Bagi para tetua Tionghoa/Cina memahami filosofi ajaran Taoisme atau lebih dikenal “Yin dan Yang” begitu sangat penting, semua ini karena segala sesuatu yang ada dan terjadi di dunia bukanlah secara kebetulan. Ada gambaran makna dalam perputaran hidup baik berhubungan maupun berlawanan.

Yin dan Yang pada dasarnya berlawanan, bermusuhan tetapi saling melengkapi dan saling membutuhkan. Apa yang ada didalam Yin dibutuhkan oleh Yang dan begitu juga sebaliknya sehingga Ying dan Yang diyakini hadir dalam segala aspek hidup.

Simbol Ying Yang sudah luas dikenal di luar Tiongkok karena memiliki filosofis, historis dan makna batin spiritual yang mendalam. Cara sederhana untuk menggambarkan simbol ini adalah bahwa ia mewakili “bagaimana segala sesuatu bekerja”. Di permukaan mungkin terdengar sederhana tetapi apabila direnungkan lebih lanjut dan jika benar-benar dapat memahami sesuatu di balik simbol ini seseorang dapat memahami kedalaman maknanya yang signifikan.

Yin Yang berkaitan erat dengan lima unsur (Wu Xing) yaitu :

1. Unsur Kayu 

Unsur kayu diartikan sebagai musim semi yaitu dimulainya suatu kehidupan baru. Unsur kayu identik dengan pagi hari, timur dan angin. Unsur kayu diwakili dengan warna hijau. Dalam ilmu pengobatan, hati mempunyai unsur kayu. Dalam psikologi, unsur kayu mewakili kreativitas dan pelaksanaan

2. Unsur Api 

Unsur api diartikan sebagai musim panas. Oleh karena itu, unsur api identik dengan siang hari, selatan dan bersifat panas. Unsur api diwakili dengan warna merah. Dalam ilmu pengobatan, jantung mempunyai unsur api. Dari segi karakter, unsur api mewakili perasaan dan emosi.

3. Unsur Tanah 

Unsur tanah diartikan sebagai awal pagi hari. Oleh karena itu, unsur tanah identik dengan posisi tengah yang berkaitan dengan kelembaban (humidity). Unsur tanah diwakili dengan warna kuning. Dalam ilmu pengobatan, limpa mempunyai unsur tanah. Dari segi karakter, unsur tanah mewakili konsentrasi, realisme dan stabilitas.

4. Unsur Logam

Unsur logam diartikan sebagai musim gugur. Oleh karena itu, unsur logam identik dengan malam hari, barat dan bersifat kering. Warna putih mewakili unsur logam. Dalam ilmu pengobatan, paru-paru mempunyai unsur logam. Dari segi karakter, unsur besi mewakili kemauan keras dan kemandirian.

5. Unsur Air 

Unsur air diartikan sebagai musim dingin. Oleh karena itu, unsur air identik dengan malam hari, utara dan bersifat dingin. Warna hitam mewakili unsur air. Dalam ilmu pengobatan, ginjal bersifat air. Dari segi karakter, unsur air diasosiasikan dengan kejernihan pikiran dan rasional.
Makna Ying Yang dalam Taoisme was last modified: by

Berbagi itu Indah 🙂

Terima kasih untuk kesetiaan Anda selama ini bersama Ramalan Suhu. Kami menghargai semua masukan dan kritikan. Saat ini kami bekerja-sama sebagai media dari WLATOTO (World Lottery Association). WLATOTO adalah toto online yang telah kami survey dan kami percayai sebagai toto online terpercaya. Semoga Dewa Tua Pek Kong memberkati. Daftarlah dan dapatkan freechips 10Ribu gratis untuk para pembaca setia kami dengan cara memo ke website wlatoto bahwa id anda telah terdaftar dari ramalan suhu Klik Banner gerak di bawah ini untuk mendaftar melalui refferal ramalansuhu untuk memudahkan anda mendapatkan freechips. terima kasih  Bandar-Togel-online-Terpercaya